Film Tentang Game

posted in: Film | 0

Di era digital sekarang ini industri game online saat ini sudah banyak di kenal orang. Bahkan karena demam game online tersebut, banyak industri film yang membuat film tentang game online. Dari hollywood sampai drama china mereka berbondong-bondong mengeluarkan beberapa film tentang game dan drama yang tidak kalah seru dengan game online itu sendiri. Dan tidak sedikit publisher game dari Indonesia ataupun luar negeri setiap bulan meluncurkan game baru.

Game online sangat terkenal di kalangan remaja – orang tua apalagi game jebolan agen judibola online, bagi mereka bermain game online sudah menjadi bagian di dalam keseharian mereka. Tidak hanya untuk hiburan, jaman sekarang game online juga dijadikan mata pencaharian. Beberapa game online memperbolehkan RMT ( Real Money Trading ) yang memperjual-belikan item di dalam game mereka kepada orang lain demi uang tunai. Tidak sedikit yang memulai usaha ini baik di Indonesia ataupun Luar negeri, umumnya mereka bersifat bagi hasil dari pegawai kepada pemilik usaha dengan pembagian hasil.

Film Tentang Gamers

Free To Play

Film Tentang Game

 

Valve membuat film dokumenter ini untuk berbagi ke penonton tentang kehidupan dan pengorbanan menjadi seorang pemain profesional dipermainan komputer. Pemain-pemain yang berperan dalam film ini tidak lain adalah para profesional dibidang permainan komputer seperti pemain, penyiar , manajer tim, serta pengamat permainan. Setiap tokoh dalam film ini memiliki karakteristik dan masalah hidup yang berbeda.

Film tentang game ini bercerita tentang 3 gamer profesional dari seluruh dunia untuk mengikuti Dota 2 Turnament The International dengan hadiah jutaan dollar. Sebuah turnament berhadiah jutaan dollar yang mengubah sejarah industri game online dan bagi para gamer profesional sendiri.

Mungkin bagi sebagian orang yang tidak familiar dengan game online atau gamer yang baru bermain game online akan asing dengan nama Dota ( Defense of the Ancients ) , namun bagi para penggemar game online yang sudah lama, DOTA adalah salah satu game yang paling populer hingga saat ini.

Valve Corp sebagai pemegang hak atas DOTA 2 mengadakan kompetisi besar yang di sebut The International ( TI ). Tidak tanggung-tanggung hadiah yang mereka tawarkan adalah $1.000.000 atau setara dengan Rp 14M rupiah. Ini menjadikan The International sebagai kompetisi game terbesar sekaligus paling bergengsi pada saat itu. Karena peminatnya yang terus bertambah, setiap tahun hadiah TI selalu bertambah.

Film ini berfokus kepada 3 gamer profesional yang mengikuti The International di 3 tim yang berbeda.  Benedict “hyhy” Lim, Danil “Dendi” Ishutin, dan Clinton “Fear” Loomis. Bagi keluarga mereka, menjadi gamer profesional adalah hal yang tidak menjanjikan daripada meniti jenjang karir pada pekerjaan normal. Keluarga beranggapan kalau bermain game hanya untuk main-main saja tanpa adanya keuntungan yang lain.

Film ini akan membantu kamu mendapatkan gambaran betapa sulitnya meniti karir sebagai seorang gamer professional. Bahwa di balik semua ketenaran dan posisi prestige yang diraih oleh setiap dari mereka, gamer sekelas Hyhy – Dendi – Fear harus mengorbankan begitu banyak hal yang bisa saja membuat mereka jatuh ke dalam kondisi yang bertolak belakang dari apa yang mereka capai saat ini.

State Of Play

Film Tentang Game

 

Kisah tentang tiga pemain StarCraft yang cukup terkenal di Korea diceritakan dengan sangat bagus dan detail di film tentang eSport ini. Lee Jae Dong adalah pemain yang profesional, diikuti Kim Joon Hyuk yang semi profesional dan juga Park Yo Han di kelas amatir.

Korea selatan menjadi pusat perhatian gamer profesional starcraft. Pemain starcraft tidak atletik atau unggul dalam kemampuan fisik, tetapi mereka memiliki konsentrasi dan refleks yang cepat karena harus memainkan berbagai macam karakter dan strategi.

Seperti kebanyakan atlet, pemain esports masih sangat muda saat memulai karier mereka di dunia esports. Mereka bahkan sampai berhenti sekolah di usia 15 tahun dan memiliki jadwal latihan yang sangat ketat layaknya pemain profesional sepak bola.

Kemampuan mereka dihitung berdasarkan tingkat konsentrasi, refleks, dan kecepatan bermain yang diukur dalam APM (aksi per menit atau action per minute) yang biasa pemain lakukan dengan keyboard dan mouse mereka.

Pemain semi-profesional dapat memiliki APM sekitar 100-200. Sedangkan pro player memiliki APM di atas 300 ditambah skill multitasking yang tinggi saat bermain. Bermain game merupakan hobi, tapi bagi sebagian orang yang menjadi gamer profesional, itu adalah dedikasi tinggi dari pemainnya. Pro scene di dunia selalu mendapatkan perhatian banyak orang. Di Korea, ribuan penggemar menuju ke stadion untuk menonton Pro League, salah satu turnament esports dari StarCraft.

Diceritakan bagaimana seorang profesional gamer mempertahankan karirnya dan berlatih 10-12 sehari dalam seminggu. Belum lagi dia menghadapi tekanan dari keluarga yang menekannya untuk mempertahankan tradisi mereka. Bermain game terus menerus akan membuat orang bisa, tapi lain halnya dengan pemain profesional yang diharuskan berlatih dengan game yang sama terus-menerus.

Menjadi pemain top dalam skena esports mengemban banyak beban layaknya pemain olahraga profesional. Mereka mendapatkan sponsor dan uang yang besar dan menjadikan pemain menjadi terkenal dan dihormati di Korea Selatan.

Film dokumenter ini menonjolkan betapa intensnya para pemain profesional saat bertanding di sebuah kompetisi yang bergengsi. Jadi bisa terlihat kalo seorang pemain game profesional banyak mengorbankan satu dan lain hal demi bisa menjadi seorang profesional di bidang game yang disukainya.

Film Tentang Game Bertahan Hidup

Free Guy

 

Film Tentang Game

 

Film ini menceritakan apa yang terjadi di dalam game online open world bernama Free City. Kalian akan bisa melihat dengan jelas bagaimana pertarungan setiap pemain di kota Free City. Bagaimana keadaan di dalam game yang selalu ada peperangan, tembakan, tabrakan, dan ledakan terjadi di hampir semua tempat.

Bercerita tentang NPC ( Non Player Character ) bernama Guy yang bekerja sebagai teller bank. Dia hanya NPC biasa biasa yang menjalani hari-hari seperti biasa : bangun tidur, berangkat bekerja, pulang, tidur dan mengulang aktifitas itu setiap hari.

Lalu dua orang programmer bernama Milly dan Keys memasukkan sebuah program yang dibuat oleh Antoine ke dalam Free City, membuat Guy menjadi sadar bahwa selama ini dia hidup didalam video game online. Guy lalu mengambil langkah besar untuk berubah dan ingin menjadi pahlawan.

Guy akan berpacu dengan waktu untuk melawan para karakter antagonis dalam video game yang bermaksud untuk menghancurkan kota Free City. Meskipun dia tak memiliki latar belakang sama sekali dalam pertarungan, karena sebelumnya dia hanya bekerja sebagai teller bank. Apakah dia berhasil menyelamatkan penduduk Free City ? Silahkan tonton film nya nanti..

Film Tentang Game Virtual Reality

Ready Player One

 

Ready-Player-One

 

Ready Player One merupakan film fiksi ilmiah yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ernest Cline yang di sutradarai oleh Steven Spielberg. Film ini berlatar belakang dunia nyata dan realitas virtual game pada tahun 2045. Tokoh utama pada film ini bernama Wade Watss, remaja 18  tahun yang tinggal di Colombus, Ohio dengan bibi nya yang menjalani kehidupan yang keras di tempat itu dengan berbagai masalah lingkungan yang muncul seperti polusi, perubahan iklim, politik, hingga kekerasan.

Beruntung masih ada dunia virtual game bernama OASIS yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan apa saja di dalam game termasuk mengubah identitas. Tidak mengherankan jika OASIS begitu populer hingga menjadi ”Dunia ke 2″ bagi mereka.

Selang beberapa waktu ada pemberitahuan di dalam OASIS kepada seluruh pemain, pencipta OASIS bernama James Halliday meninggal dunia. Dia meninggalkan wasiat berupa sebuah easter egg atau quest rahasia kepada semua pemain. Quest Rahasia itu adalah mengharuskan para pemain mencari 3 kunci yang sudah James Halliday sembunyikan di seluruh OASIS. Bagi siapapun yang sudah mendapatkan ketiga kunci tersebut, maka dia akan mewarisi seluruh kekayaan James Halliday dan kendali penuh atas game OASIS.

Quest tersebut kemudian dikenal dengan nama Anorak Quest. Menggunakan avatar bernama Parzival, petualaan wade dan kawan-kawan mencari quest pun dimulai. Disisi lain sang antagonis Nolan Sorrento selaku CEO dari Innovative Online Industries (IOI) saingan dari OASIS juga ikut serta dalam mencari quest tersebut. Dia berniat untuk menjadikan OASIS sebagai permainan yang mendatangkan banyak uang dengan menambahkan iklan online di dalam game tersebut. Apakah Wade berhasil melawan IOI dan pemain lain untuk mendapatkan quest tersebut ?

Film Tentang Gamers China

The King’s Avatar

 

Film Tentang Game

 

Terdapat sebuah game RPG yang sangat realistic dan nomor 1 di Tiongkok bernama Glory. Ye Qiu seorang legenda hidup dari game ini adalah kapten dari tim bernama Excellent Era dan membawa tim itu 3x juara nasional Glory. Namun dia dipaksa berhenti oleh pemilik tim karena identitas dia sangat rahasia dan selalu memakai masker dan topi pada saat bertanding. Oleh karena itu dia tidak bisa mendapatkan iklan dan penghasilan tim menurun.

Dia kemudian digantikan oleh anggota baru bernama Sun Xiang, seorang talenta muda yang berbakat. Tetapi Sun Xiang sangat arogan dan sombong, kemudian memaksa dia memberikan karakter game nya bernama One Autumn Leaf yang selalu menemani Ye Qiu dari awal.

Ye Qiu memutuskan untuk pensiun dari Esport Glory karena setelah keluar dari tim, dia membutuhkan waktu 1 tahun lagi sebelum bisa kembali lagi menjadi pemain Glory profesional. Ketika keluar pergi dari bangunan Excellent Era, dia melihat warnet dan bermain disana.

Bertahun-tahun hidup hanya dengan bermain gim online saja, Ye Xiu yang sudah diberhentikan dari timnya pada akhirnya keluyuran tanpa arah dan berakhir di sebuah warnet. Di warnet tersebut, Ye Xiu bertemu dengan seorang perempuan bernama Chen Guo, dan pada akhirnya mendapatkan pekerjaan menjadi operator warnet. Selagi menjadi operator warnet, ia juga kembali bermain Glory dengan membuat avatar baru yang dinamai Lord Grim. Kebetulan hari itu adalah hari di mana server baru gim Glory dibuka sehingga ia dapat mulai bermain lagi dari level 1.

Walaupun berlatar belakang dunia game online berunsur fantasi, The King’s Avatar tidak berfokus kepada dunia Glory, melainkan kepada para pemainnya. Penonton akan diajak untuk melihat bagaimana ricuhnya ratusan pemain berebut untuk mengalahkan satu bos monster, pusingnya mencari trik untuk mengalahkan monster, mengatur build avatar yang dipakai, dan sebagainya. Bagi para pemain game online, tentu sudah familiar dengan istilah – istilah game yang sering dilontarkan di tengah percakapan. Ikuti langkah Ye Qiu selanjutnya untuk menjadi profesional player lagi..